Tugas ISD I – Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan

Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan

Penduduk Indonesia yang banyak ini pastinya terbagi-bagi menjadi beragam suku, dan ras. Suku-suku yang banyak itu pasti memiliki budaya, adat, kebiasaan nya masing-masing. Dari pulau jawa saja contohnya, di pulau jawa banyak sekali suku, mulai dari suku jawa, sunda, betawi, dayak, dan lain-lain. Itu baru pulau jawa, belum lagi pulau-pulau sumatra, sulawesi dan papua. Bayangkan betapa banyak nya suku di Indonesia. Dari banyak nya suku dan budaya tersebut tentu menimbulkan perbedaan yang sangat signifikan, tidak ada suku yang sama persis adat istiadatnya dengan suku lain.

Sebagai contoh dalam pergelaran resepsi pernikahan, pertama pada adat jawa, sebelum resepsi dilakukan akan ada acara selamatan dalam rangka ditunjukkan sebagai rasa syukur kepada Allah dan Rasul nya, serta dutujukkan kepada leluhur yang sudah meninggal. Setalah akad nikah, ada acara ngunduh manten, yakni kedua pengantin diarak dan bapak pengantin wanita berdialog dengan bapak pengantin wanita yang artinya menyerahkan anaknya kepada pihak laki-laki. Setelah ngunduh mantu, pengantin saling melempar sirih dilanjut dengan injak telur yang dilakukan oleh pengantin laki-laki. Setelah itu akan ada saling suap nasi dan air putih oleh kedua mempelai. Yang terakhir adalah sungkeman, ini dilakukan kepada kedua orangtua maupun mertua, sebagai wujud terimakasih telah dirawat mulai dari lahir hingga sekarang.

Pada adat sunda tentu sangat berbeda rangkaian resepsi adat nya, acara selametan, injak telur, sungkeman dan siraman mungkin sama. Namun yang berbeda adalah saat acara adat nya, pada adat sunda ada acara saweran beras dan saweran duit recehan kepada pengantin, dan ada pula acara memecahkan kendi dan membakar lidi, ini berarti bahwa saling mempelai harus saling mengalah dalam mencapai tujuan. Ada acara suap-suapan juga pada adat sunda, hanya bedanya bila pada adat jawa mempelai wanita dan pria yang saling menyuapi kalau dalam adat sunda yang menyuapi adalah orangtua dan mertua nya sebagai tanda kasih sayang yang terakhir kali. Yang terakhir adalah pengantin wanita dan pria saling tarik-menarik ayam bekakak, konon katanya yang mendapat bagian paling besar adalah yang paling banyak mendapat rezekinya.


Itu adalah contoh dari perbedaan budaya yang ada pada masyarkat Indonesia, mau apapun itu budaya nya tetap saja harus kita cintai, karena itu adalah bagian dari Indonesia. Sebenarnya semua budaya itu baik, tujuannya dan maknanya jelas untuk masyarakat. Kita sebgai orang Indonesia sudah sewajibnya bangga terhadap kebudayaan negara kia sendiri, bukan malah sok ikut-ikutan gaya ala-ala barat yang sama sekali jauh dari ramah tamah budaya Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Scanner

WATTPAD STORY BY INESIAPRATIWI --- OUR HOPE

SMKN 1 Kota Bekasi => Teknik Komputer dan Jaringan