Proposal
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Maraknya
pembicaraan tentang go green, ramah
lingkungan, meminimalisir kemacetan, polusi udara dan lainnya membuat sebagian
masyarakat mulai sadar tentang penggunaan kendaraan pribadi. Banyak masyarakat yang beralih menggunakan moda
transformasi umum sebagai pengganti kendaraan pribadi. Dan angkutan kota
(angkot) pun menjadi salah satu transportasi pilihannya. Selain dapat
mengurangi kemacetan, biaya transportasi angkot terbilang cukup murah.
Dibandingkan harus mengeluarkan uang bensin untuk mobil yang dikendarai seorang
diri.
Namun,
banyak juga masyarakat yang masih tergolong baru menggunakan angkot belum tahu
angkot mana yang harus mereka tumpangi untuk sampai ke tujuan. Tidak jarang
mereka harus bertanya kepada orang sekitar angkot manakah yang melintasi tujuan
mereka. Dan tidak sedikit juga mereka salah menaiki angkot dan justru jadi
menghambat waktu mereka. Oleh karena itu, penulis ingin membantu mereka yang
masih awam akan transportasi tersebut dengan membuatkan aplikasi yang
menginformasikan tentang angkot-angkot yang beroperasi di daerah Bekasi.
Aplikasi
ini dapat digunakan pada platform
berbasis android yang akan menyediakan informasi seputar trayek dan rute-rute
jalan yang dilewati angkot di Kota Bekasi. Dengan aplikasi ini, masyarakat
lebih dimudahkan dalam bertransportasi umum dan waktu yang digunakan akan lebih
efisien.
1.2.1
Pembatasan Masalah
Pada Tulisan Ilmiah ini, masalah yang
akan dibahas hanya seputar transportasi umum angkot yang beroperasi di wilayah
Kota Bekasi saja. Program yang digunakan adalah simulator android Eclipse,
dengan bahasa pemograman HTML dan tambahan MySQL untuk penyimpanan databasenya.
1.3 Tujuan Masalah
Penulisan Ilmiah ini bertujuan untuk
memudahkan masyrakat pengguna transportasi umum angkot untuk mendapatkan
informasi seputar trayek angkot di wilayah Kota Bekasi. Aplikasi ini
menyediakan informasi yang biasa disediakan di papan informasi angkutan kota
namun jarang tersedia di setiap wilayah.
1.4 Metode Penelitian
Metode
yang dilakukan dalam penulisan ini adalah sebagai berikut :
1.
Pengumpulan Data
Data
yang dikumpulkan diambil dari hasil pengamatan langsung di lingkungan,
mencatat, dan mengambil informasi dari browsing.
2.
Perancangan Desain Aplkasi
Rancangan
desain yang penulis buat dimulai dari perancangan navigasi, story board hingga
pembuatan desain tampilan aplikasi tersebut.
3.
Pembuatan Aplikasi
Dalam
pembuatan aplikasi ini penulis menggunakan bahasa pemograman HTML, dan untuk
mendesain tampilan androidnya menggunakan simulator Eclipse. Ditambah dengan
MySQL untuk menyimpan database.
4.
Uji Coba Aplikasi
Pada tahap
terakhir, aplikasi yang sudah jadi akan diuji coba oleh beberapa orang dan
beberapa perangkat. Hal ini untuk mengetahui apakah aplikasi sudah berjalan
sempurna di beberapa perangkat atau tidak.
1.5 Sistematika
Penulisan
Tulisan Ilmiah ini terdiri dari 4 bab,
yakni :
BAB 1 : PENDAHULUAN
Bab ini berisi penguraian tentang
seluruh rencana penulis membuat penulisan ilmiahnya. Bab ini terdiri dari latar
belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penelitian dan
sistematika penulisan.
BAB 2 : LANDASAN TEORI
Bab ini menjelaskan tentang pengenalan
maupun teori dari pemograman HTML, MySQL, Notepad++, dan Eclipse serta program
pendukung lainnya.
BAB 3 : PEMBAHASAN
Menguraikan inti dari penulisan
ilmiah, yang berisikan mulai dari penjelasan percancangan aplikasi hingga
implementasi pembuatan aplikasi.
BAB 4 : PENUTUP
Bab ini merupakan ringkasan dari
keseluruhan isi Tulisan Ilmiah, meliputi kesimpulan dan saran sebagai upaya
mengembangkan kekurangan aplikasi ini untuk kedepannya.
BAB II
KAJIAN TEORI
2.1 Angkutan Kota
Angkutan kota atau biasa disingkat angkot adalah sebuah moda transportasi perkotaan yang merujuk
kepada kendaraan umum dengan rute yang sudah ditentukan. Tidak seperti bus yang
mempunyai halte sebagai tempat perhentian
yang sudah ditentukan, angkutan kota dapat berhenti untuk menaikkan atau
menurunkan penumpang di mana saja.
Jenis kendaraan yang digunakan adalah mini bus atau
bus kecil yang dikendarai oleh seorang supir dan terkadang juga dibantu oleh
seorang kenek. Tugas kenek adalah memanggil penumpang dan membantu supir dalam
perawatan kendaraan (mengganti ban mobil, mengisi bahan bakar, dan lain-lain).
Seluruh angkutan kota di Indonesia memiliki plat nomor berwarna kuning dengan
tulisan warna hitam seperti kendaraan-kendaraan umum lain.
2.2 Android
Android adalah sistem
operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak (mobile device) layar
sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android
awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang
kemudian membelinya pada tahun 2005. Sistem operasi ini dirilis secara resmi
pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari
perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan
telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar
terbuka perangkat seluler.
Kode dengan sumber terbuka dan lisensi perizinan pada
Android memungkinkan perangkat lunak untuk dimodifikasi secara bebas dan
didistribusikan oleh para pembuat perangkat, operator nirkabel, dan pengembang
aplikasi. Selain itu, Android memiliki sejumlah besar komunitas pengembang
aplikasi (apps) yang memperluas
fungsionalitas perangkat, umumnya ditulis dalam versi kustomisasi bahasa
pemrograman Java.
2.3 Java
Bahasa pemrograman Java terlahir dari The Green Project,
yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga
musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini
dimotori oleh Patrick Naughton, Mike
Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang
dibuat oleh Joe Palrang.
Pertemuan proyek
berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo
Park. Sepenulisr musim panas
1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java
Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah
peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini
dinamai "*7" (Star Seven).
2.4
Eclipse
Eclipse adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di
semua platform (platform-independent). Berikut ini adalah sifat dari Eclipse:
·
Multi-platform: Target sistem operasi Eclipse adalah Microsoft Windows, Linux, Solaris, AIX, HP-UX dan Mac OS X.
·
Mulit-language: Eclipse dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java, akan tetapi Eclipse mendukung pengembangan aplikasi berbasis bahasa pemrograman
lainnya, seperti C/C++, Cobol, Python, Perl, PHP, dan lain sebagainya.
·
Multi-role:
Selain sebagai IDE untuk pengembangan
aplikasi, Eclipse pun bisa digunakan
untuk aktivitas dalam siklus pengembangan perangkat lunak, seperti dokumentasi,
test perangkat lunak, pengembangan web, dan lain sebagainya.
2.5.1 Struktur Navigasi
Linear
Struktur
navigasi linier yaitu struktur yang mempunyai satu rangkaian cerita yang
menampilkan satu demi satu tampilan layar secara berurut menurut urutannya.
Tampilan yang dapat ditampilkan pada struktur jenis ini adalah satu halaman
sebelumnya atau satu halaman sesudahnya.
2.5.2 Struktur Navigasi Hirarki
Struktur navigasi hirarki adalah
suatu struktur yang mengandalkan percabangan untuk menampilkan data berdasarkan
kriteria tertentu. Dimana tampilan pada menu pertama akan disebut sebagai Master Page (halaman utama pertama) yang
memiliki halaman percabangan yaitu Slave Page (halaman pendukung). Jika salah satu halaman
pendukung diaktifkan, maka tampilannya disebut
Master Page (halaman utama
kedua), dan seterusnya. Pada struktur navigasi ini tidak diperbolehkan adanya
tampilan secara linier.
2.5.3 Struktur Navigasi Non
Linier
Struktur navigasi non-linier
merupakan pengembangan dari struktur navigasi linier. Pada struktur ini
diperkenankan membuat navigasi bercabang. Percabangan pada struktur nonlinier
ini berbeda dengan percabangan pada struktur hirarki, karena pada percabangan
nonlinier ini walaupun terdapat percabangan, tetapi tiap-tiap tampilan
mempunyai kedudukan yang sama yaitu tidak ada Master Page dan Slave Page.
2.5.4 Struktur Navigasi Komposit
Struktur navigasi Composite (campuran) disebut juga
struktur navigasi bebas yang merupakan gabungan dari ketiga struktur yang ada.
Struktur navigasi ini biasa digunakan dalam pembuatan multimedia karena dapat
memberikan keinteraksian yang lebih tinggi.
BAB III
METHOLOGI PENELITIAN
- Metode
- Tempat dan waktu
penelitian
Tempat penelitiam
Penilitian dilakukan di sekitar daerah trayek angkot di Bekasi.
Waktu penelitian
Waktu
pepenelitian dilakukan pada bulan April tahun 2016.
- Instrument penilitan
- Analisis Data
Berdasarkan penelitian yang telah
dilakukan, setelah
adanya aplikasi pencarian angkot ini, para pengguna angkot dapat dengan mudah
mencari angkot yang ingin dinaikinya. Tak perlu bertanya-tanya lagi, cukup
dengan sebuah aplikasi saja semua dapat dicari.
Komentar
Posting Komentar