TUGAS IBD 1 - MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Manusia atau manusia adalah bagian terkecil dari dunia, bagian terkecil dari manusia, bagian terkecil dari penduduk. Manusia adalah bagian terkecil dari manusia yang sudah tidak bisa dibagi lagi serta tidak dapat dipisahkan jasmani dan rohani nya, sebab manusia tanpa raga bukan manusia namanya, dan manusia tanpa ruh bukan manusia pula namanya melainkan mayat. Manusia juga bukan hanya sekedar memiliki jasmani dan rohani, melainkan mempunyai sifat, karakter dan spesifikasi nya masing-masing yang berbeda dari manusia lainnya. Oleh karena itu di dunia ini tidak ada manusia yang memiliki wajah maupun sifat yang benar-benar sama persis, sekalipun itu anak kembar identik.
Manusia hidup di lingkungan keluarga, masyarakat, negara dan dunia. Itu karena manusia adalah makhluk sosial, tidak dapat melakukan pekerjaan sendiri, butuh bantuan oranglain. Oleh karena itu manusia pastilah memiliki hubungan dengan oranglain disekitarnya. Nah, dari sanalah budaya dan kebudayaan muncul. Karena budaya adalah hal yang sering dilakukan setiap hari dan berulang-ulang yang nantinya akan terbentuk menjadi kebudayaan. Manusia dan kebudayaan tidak akan dapat dipisahkan, dalam kehidupan sehari-hari pasti budaya itu akan terpakai.
Misalkan saja satu manusia yang sedang bersekolah, mempunyai teman dan suatu kala ia membuat kelompok belajar, dan berteman dengan orang-orang yang rajin. Belajar kelompok yang dilakukan secara rutin otomatis akan berubah menjadi budaya, budaya rajin. Pastilah manusia yang bersekolah tadi watak nya akan beruah menjadi rajin, karena budaya belajar tadi. Itulah contoh mengapa budaya dan manusia tidak dapat dipisahkan. Dengan kata lain, budaya dan manusia bisa dibilang sebagai satu kesatuan.
Tetapi bisa kita lihat pada jaman globalisasi sekarang ini. Hanya sisa sedikit manusia yang masih mempertahankan kebudayaan Indonesia atau yang lebih terkenal sebagai budaya timur. Manusia sekarang sudah mulai meninggalkan budaya Indonesia yang –katanya- kolot, kampungan, gak jaman, gak banget. Apalagi anak muda nya, mana tahu mereka dengan lagu-lagu wajib Indonesia, yang dikenal hanya lagu boyband-boyband saja. Jangan kan lagu wajib, pakaian saja mereka tidak mengenal, pakaian khas Indonesia  yang terkenal sopan santun nya, sekarang mereka malah mengikuti tren-tren budaya barat yang seperti pakaian kekurangan bahan itu.
Cobalah mulai dari sekarang kita cintai lagi budaya kita, jangan biarkan punah, jangan dilupakan, jangan diabaikan pula. Karena seperti yang sudah dipaparkan diatas, kita tidak bisa lepas dengan budaya. Kita dan budaya adalah satu kesatuan. Jadi kita tidak seharusnya melepas begitu saja budaya-budaya yang sudah dilestariakan nenek-kakek kita dahulu. Lekatkanlah kembali budaya itu kepada kita, berbanggalah memiliki budaya dan kebudayaan Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Scanner

WATTPAD STORY BY INESIAPRATIWI --- OUR HOPE

SMKN 1 Kota Bekasi => Teknik Komputer dan Jaringan