TUGAS IBD 6 - Manusia dan Keadilan

Manusia dan Keadilan

Keadilan adalah pengakuan dan perlakuan yang seimbang antara hak-hak dan kewajiban. Keadilan terletak pada keharmonisan menuntut hak dan menjalankan kewajiban. Atau dengan kata lain, keadilan adalah keadaan bila setiap orang memperoleh apa yang menjadi hak nya dan setiap orang memperoleh bagian yang sama dari kekayaan bersama.

Beberapa Macam Keadilan :
ü Keadilan Legal atau Keadilan Moral : Keadilan yang timbul karena penyatuan dan penyesuaian untuk memberi tempat yang selaras terhadap bagian-bagian yang akan membentuk suatu masyarakat. Keadilan ini dapat terwujud dalam masyarakat bilamana setiap anggota masyarakat melakukan fungsinya secara baik.
ü Keadilan Distributif : Aristotele memiliki pendapat bahwa keadilan distributif akan terlaksana bilamana hal-hal yang sama telah diperlakukan secara sama dan hal-hal yang tidak sama diperlakukan secara tidak sama
ü Keadilan Komutatif : Keadilan ini bertujuan untuk memelihara ketertiban masyarakat dan kesejahteraan umum atau merupakan asas pertalian dan ketertiban dalam masyarakat. Semua tindakan yang bercorak ujung ekstrem menjadikan ketidakadilan dan akan merusak atau bahkan menghancurkan pertalian dalam masyarakat.

Hal- hal yang menyebabkan pembalasan yaitu :
ü  Orang itu tidak terima karena diperlakukan dengan semena-mena
ü  Dendam
ü  Karena hasutan teman

Keadilan yang terjalin di Negara ini sangat memprihatinkan, hal ini dikarenakan turunnya derajat keadilan yang dibuat atau dilakukan oleh manusia itu sendiri serta tidak mampu menjaga keadilan yang ada dalam dirinya sendiri, hal tersebut pasti karena iming-imingnya adalah uang. Hal tersebut mencerminkan bahwa hukum sekarang ini dapat dibeli bagi orang kalangan atas, lantas bagaimana dengan kalangan bawah? Salah satu contoh kasus di atas yaitu para koruptor yang ditangkap dan di tahan dengan masa tahanan yang amat singkat dibandingkan dengan orang yang maling ayam.


SUMBER :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Scanner

WATTPAD STORY BY INESIAPRATIWI --- OUR HOPE

SMKN 1 Kota Bekasi => Teknik Komputer dan Jaringan