Tips Saat Kehilangan Mood Menulis


Melakukan pekerjaan yang berulang-ulang pastinya akan sangat wajar kalau akhirnya menimbulkan rasa bosan. Menatap layar laptop dan jemari menari di atas keyboard berlama-lama juga bisa membuat stress saking bingungnya harus nulis apalagi? Ide seperti sudah buntu dan akhirnya jadi nggak mood melanjutkan lagi.
Semua manusia di bumi ini yang pernah menulis pasti pernah atau sering merasakan kebosanan itu. Jangankan penulis, orang yang setiap hari kerjanya cuma tidur-makan-main pun bisa bosen. Tapi, mood yang buruk itu jangan dipelihara terus-menerus.
Nah, ini ada tips buat kalian yang sedang atau pernah kehilangan mood saat menulis. Semoga sedikit banyak bisa membantuk. So, simak lima poin berikut yaaaa...

1. Berhenti Sejenak
Ketika suasana hati sedang tidak kondusif untuk menulis, jangan dipaksakan lagi meneruskan tulisan. Sesuatu yang dikerjakan secara terpaksa hasilnya tidak akan sempurna. Walaupun kamu sedang dalam posisi dikejar deadline atau ditodong readers untuk melanjutkan cerita, berhenti sejenak juga perlu dilakukan supaya mood kamu bisa kembali baik untuk menghasilkan karya yang jauh lebih keren. Cukup beri tenggang satu sampai tiga hari, asalkan jangan berhenti kelamaan, ya... nanti malah jadi keterusan males.

2. Mencari Referensi Lain
Biasanya, orang yang suka menulis adalah orang yang juga suka membaca. Kalau mood sudah berantakan, bisa diakali dengan membaca buku dari penulis lain. Selain membangkitkan mood nulis kembali on, membaca karya lain juga bisa menjadi sarana referensi dan pembelajaran yang bisa dituangkan dalam tulisan kamu. Akan ada banyak kosa kata baru yang bisa menambah pengetahuan kamu, dan kamu pun bisa sambil menilai apa kekurangan tulisan kamu dibanding tulisan oranglain. Tapi jangan terlalu membanding-bandingkan, ya... nanti jadinya kamu pesimis.


3. Ingat Kembali Alasan Menulis
Setiap penulis punya tujuan dan alasan masing-masing untuk bisa menjadi penulis dan membagikan tulisannya. Sebelum kamu mulai menulis, pastinya ada satu atau lebih alasan yang membuat kamu ingin menulis, dong? Entah itu karena hobi, pelampiasan, cita-cita menjadi penulis, mencari nafkah, ingin jadi terkenal, atau yang lainnya. Setiap kali kamu kehilangan mood dan ingin berhenti menulis, ingat lagi alasan-alasan itu. Untuk bisa mencapai tempat tinggi, harus butuh tangga —ya eskalator atau lift juga boleh, sih. Tapi maksudnya tidak bisa terbang dengan instan jika ingin berdiri di atas. Wajar jika beberapa hal membuat mood kamu turun, tapi jangan sampai membuat kamu menyerah. Semangat!

4. Baca Komentar dan Pesan dari Pembaca
Dukungan para pembaca adalah salah satu hal penting untuk bisa membuat mood menulis full kembali. Apalagi ketika membaca komentar menyenangkan dari pembaca kamu dan mereka menanti-nanti kelanjutan tulisan kamu. Rasa bahagianya melebihi dikasih duit Rp. 10.000 lho!! Serius!
Ingat, di balik mood jelek kamu, ada banyak mood baik dari pembaca yang bermunculan setelah membaca tulisan kamu. Di balik mood kamu yang turun, ada banyak mood baik para pembaca yang melonjak saat  menantikan tulisanmu.

5. Membahagiakan Diri Sendiri
Kalau mood kamu lagi anjlok banget buat nulis, kemungkinan  kamu lagi stress dan punya banyak pikiran. Nah, cara mengembalikan mood tersebut adalah dengan membahagiakan diri sendiri. Jalan-jalan, nonton film, ngopi bareng temen, baca komik, karaoke dan kegiatan menyenangkan lainnya bisa jadi sarana membuat dirimu bahagia. Kalau sudah bahagia, menulis pun rasanya jadi enteng aja. Kamu seolah punya energi lagi untuk disalurkan ke dalam tulisan dan energi itu bisa menyebar ke seluruh pembaca kamu.

Lima tips di atas cukup gampang dilakukan, kan? Nggak ada masalah yang nggak punya solusinya. Kalau cuma gara-gara mood, masa kamu mau kalah dan berhenti jadi penulis, sih? Padahal, setelah jadi penulis terkenal nanti akan ada banyak cobaan dan rintangan jauh lebih dari sekadar soal mood. Jadi... kamu harus kuat melawan mood buruk, okey?
Semangat!!!
See you on the top!
Salam dari,

Inesia Pratiwi

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Scanner

WATTPAD STORY BY INESIAPRATIWI --- OUR HOPE